Rabu, 02 Januari 2019

5 Motif Batik Yang Bikin Mata Jadi Adem!

Halo kawan!

Apa kabar? Apa kabar? Apa kabar nih? Baik ya kawan! Siapa nih yang pecinta batik. Kali ini admin bakalan bagi-bagi info mengenai motif-motif batik yang bakalan memanjakan mata kalian. Lang aja yuk cek!

1. Mega Mendung

Sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Motif batik Mega Mendung adalah karya seni batik yang identik yang juga menjadi ikon batik daerah Cirebon dan daerah lain di Indonesia. Motif batik ini  menggambarkan bentuk sekumpulan awan di langit pada saat mendung. Konon menurut sejarah Cirebon, motif ini terbentuk ketika seseorang melihat bentuk awan pada genangan air setelah hujan dan cuaca pada saat itu sedang mendung. Filosofi batik Mega Mendung sendiri adalah jangan sekali-kali mudah marah. Dalam membatik motif Mega Mendung, senimannya sendiri diharuskan untuk bersabar dan mudah emosian juga telaten. Menurut admin motif batik ini mirip motif jubahnya Akatsuki di anime Naruto Sipuden, hehehe.

2. Parang

Sumber: www.goodnewsfromindonesia.id

Batik parang merupakan batik asli Indonesia yang sudah ada sejak zaman keraton Mataram Kartasura (Solo). Batik ini memiliki makna untuk tidak pernah menyerah, ibaratnya ombak laut yang tak pernah berhenti untuk bergerak. Batik yang satu ini juga menggambarkan jalinan yang tidak pernah putus atau baik dalam arti upaya untuk memperbaiki diri. Motif Batik Parang merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia.

3. Keraton

Sumber: fabelio.com

Batik Keraton merupakan batik yang awalnya dibuat oleh para putri dan pengrajin batik yang ada di lingkungan Keraton Cirebon. Motif batik ini sangat kental dengan nuansa yang elegan, sakral dan juga syarat akan filosofi kehidupan. Karena itu, dulu batik Keraton hanya boleh digunakan oleh sebagian orang saja. Batik Keraton Cirebon adalah warisan budaya terdahulu yang mencerminkan kearifan lokal yang mengesankan dengan berbagai makna simbolik yang menarik untuk digali lebih dalam untuk diambil manfaatnya bagi kesejahteraan masyarakat baik dari segi lahir maupun batinnya.

4. Malang

Sumber: jempolkaki.com

Selain menyediakan wisata alamnya yang indah, kota Malang juga punya motif batik yang tak kalah cantik dari batik lain. Batik Malang mempunyai 3 ciri yaitu, berupa Candi Badut pada dasarannya, kedua adalah motif isen-isen yang teridiri dari Tugu Malang dan disampingnya terdapat Singa warna putih sebagai lambang kabupaten lambang sendiri. Terakhir yakni motif hias batik ini sendiri. Harapan untuk batik Malang  adalah mampu meraih puncak kejayaan dalam perjalanan hidupnya layaknya puncak kejayaan raja Gajayana di Malang dahulu.

5. Sido Luhur

Sumber: jempolkaki.com

Batik yang tak kalah indahnya dari motif-motif batik diatas ini memiliki filosofi keluhuran. Bagi orang Jawa, hidup ini memang untuk mencari keluhuran bersifat materi dan non materi. Keluhuran materi artinya bisa tercukupi segala kebutuhan ragawi dengan bekerja keras sesuai dengan derajat maupun profesinya. Harapan untuk batik ini sendiri adalah agar sang pemakai dapat berhati-hati serta berpikiran luhur sehingga dapat berguna bagi banyak masyarakat.

*Bonus: Batik Bali

Sumber: fabelio.com

Pulau Dewata yang kaya akan seni dan budaya ini juga punya motif batik sendiri. Seni Batik di Pulau Bali bisa dibilang semakin berkembang cukup signifikan dengan adanya industri batik di Bali. Motif batik ini sendiri terlukis mahkluk yang disebut 'Leak' atau terlihat agak mirip seperti singa yang bersayap. Biasanya motif Batik ini digunakan dalam proses upacara adat Bali.

Sebenarnya masih banyak motif batik yang indah dari tanah air kita ini. Jika kalian masih ingin tahu lebih banyak motifnya bisa cari-cari di website, blog atau artikel lain yang lebih lengkap.

Selesailah sudah bye bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar