Senin, 31 Desember 2018

5 Makanan Papua Unik Ini Wajib Untuk Diketahui!

Halo kawan!

Apa kabar nih semua? Semoga baik-baik yah. Kali ini admin bakal bagiin info makanan-makanan Papua yang benar-benar unik nih kawan, simak yuk!

1. Sagu Lempeng

Sumber: merahputih.com

Sagu lempeng dibuat dengan cara memasukkan tepung sagu ke dalam cetakan tanah liat lalu dipanaskan dengan cara dipanggang. Sagu lempeng dibuat dengan proses pengawetan dengan cara pemanasan untuk mengurangi kadar air agar mampu menghambat pertumbuhan mikroba dan jamur, sehingga sagu lempeng akan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Ada juga penambahan bahan-bahan seperti kacang dan gula sebagai komposisi sagu lempeng.

2. Papeda

Sumber: www.bello.id

Papeda biasa disantap dengan ikan Tongkol, Gabus, Kakap Merah, Bubara, dll. Papeda sudah jarang ditemukan, bahkan di daerah asalnya pun juga sudah jarang untuk dihidangkan. Papeda tergolong makanan rendah kolestrol dan lemak, sagu sendiri bermanfaat melancarkan pencernaan. Saat kita ingin menyantap Papeda kita membutuhkan sepasang garpu kayu atau sumpit khusus.

3. Udang Selingkuh

Sumber: resepnusantara.id

Nama makanan yang satu ini memang membuat kita senyum-senyum gitu saat pertama kali mendengarnya. Alasan masyarakat Papua menamakan makanan ini dengan nama Udang Selingkuh karena tubuh udang ini seperti udang pada umumnya, tetapi memiliki capit yang cukup besar layaknya seekor kepiting. Daging udang ini sedikit lembut, berserat, dan rasanya manis seperti lobster. Udang Selingkuh biasa dimasak dengan berbagai cara seperti direbus, digoreng, dibakar, ditumis bersama saus Tiram.

4. Sate Ulat Sagu

Sumber: merahputih.com

Sate Ulat Sagu memiliki citarasa yang gurih, asin, enak dan diyakini oleh masyarakat Papua sebagai makanan yang kaya akan protein dan rendah kolestrol. Penduduk Papua asli lebih sering dan suka mengkonsumsinya secara hidup-hidup. Cara membuat Sate Ulat Sagu tinggal tusuk-tusuk ulatnya lalu dipanggang diatas bara api, setelah dirasa cukup matang sate dihidangkan dengan bumbu sate seperti biasa.

5. Martabak Sagu

Sumber: arfaknews.com

Martabak ini berasal dari kabupaten Fakfak, Papua Barat. Hal yang membedakan dari martabak-martabak lain adalah bahan pokoknya yang terbuat dari sagu. Makanan ini diolah dari sagu yang sudah dihaluskan lalu digoreng dan diberi gula aren atau gula merah. Hal yang paling membedakan adalah bahan pokoknya, yaitu sagu. Martabak Sagu ini rasanya legit dan juga manis, dan bila anda berada di Papua jangan sampai melewatkan makanan ini sebagai santapan kuliner anda.


*Bonus: Kue Lontar 

Sumber: ksmtour.com

Kue Lontar sangat mirip dengan Pie Susu, tetapi makanam ini sudah menjadi makanan khas papua sejak jaman dahulu saat penjajahan Belanda. Kue lontar ini biasa disajikan pada saat perayaan tahun baru, ulang tahun dan berbagai perayaan spesial lainnya. Bahan-bahan untuk membuat Kue Lontar ini sangat sederhana yaitu susu, telur, tepung terigu, margarin dan gula.

Selesailah sudah bye bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar